Traveling: Liburan Hemat ke Malaysia dan Singapura

Haloooo, udah lama banget aku ga nulis di sini. Jadi kangen :p

Yaaaaa, sesuai dengan polling yang pernah aku buat di snapgram tentang sharing perjalananku kemarin ke Malaysia dan Singapore selama 3 hari. Mau dibilang backpacker tapi kita bawa koper, tapi tu koper tujuannya buat mempermudah bawa barang belanjaan pas pulangnya nanti haahah, sesungguhnya isi nya di sana cuma ada baju 3, jeans 1, legging 1, jaket 1, alat mandi. Penasaraan? Yuk intip ceritanya..

Awal cerita sekitar beberapa bulan yang lalu aku iseng ngajakin temen buat jalan-jalan ke luar negeri, traveling gitu nyari pengalaman survive di negara orang. Nama temenku itu Fiha, aku dipertemukan dengan orang ini tanggal 3 Juni 2017 lalu, pas keberangkatan ke Jkt untuk pendidikan MDP Target terdekat kita buat pemula sih yang negara dengan bahasa yang ga beda-beda banget lah sama Indonesia, akhirnya kita memutuskan untuk ke Malaysia dan mulai nyari tiket yang murah seharga Rp 790,000 pp Jakarta - Kuala Lumpur pake maskapai AirAsia. Karna aku dan Mbak Fiha sadar kalo barang bawaan kita akan jadi lebih banyak pas pulangnya nanti akhirnya kita memutuskan untuk beli bagasi yang 25 kg seharga Rp 207,000, itupun dibagi 2 bayarnya wkwkwk. Aku dan Mbak Fiha kemarin juga pengen ke Singapore dan browsing-browsing ternyata dari Malaysia ke Singapore bisa naik kereta/bus dengan waktu tempuh selama 5-9 jam (FYI: kemarin harga tiket ke SG lebih mahal hampir 2 kali lipat dari ke KL, tergantung promo sih). Jadi kita memutuskan untuk bermalam di bus/kereta, rencana waktu itu. Alhasil kita ga nyewa hotel hahaha.. Hemat bukan? :p
FYI kurs saat aku berangkat:
1 RM = Rp 3,595
1 SGD = Rp 10,610

Yeayyy, hari yang ditunggu pun tiba 14 Agustus 2018..
Kita flight jam 11.00 WIB, tapi ada drama dulu sebelum kita bisa bener-bener duduk di dalem pesawat :( jadi ceritanya waktu itu aku telat sampe bandaranya, jam 9 baru berangkat dan tau sendiri bandara Soetta itu bisa makan waktu sejam dari Jkt. Waktu itu aku sampe bandara jam 10, trus masuk dan print tiket kebetulan emang ga bawa bagasi. Pas ngeprint tiket di mbaknya, eh malah dibilang gini "Wah mbak pesawat jam 11.00 ya, yauda saya tetep printin tapi saya ga jamin masih keburu atau engga mbak soalnya dari sini jalan ke gate nya aja bisa 20 menit sendiri, gate nya di ujung sana", shock dong, pas mbaknya bilang gitu jam menunjukkan pukul 10.15 WIb langsung deh nemuin mbak Fiha dan lari ke Gate 2 Terminal 3, sampe ditelponin juga sama mas-mas AirAsia. Disuruh lari dan cepet, waktu itu cuma dikasih waktu 2 menit buat sampai di atas pesawat. Lebih dari 2 menit, see you babay  :( Namanya masih rezeki, akhirnya kita sampai di pesawat dan kaki lemess betss mana waktu itu belum pada sarapan. Tapi tetep, Alhamdulillah masih dikasih kesempatan untuk liburan..

DAY 1 - Malaysia
Jam 1 siang akhirnya kita udah landing di KLIA2 dan langsung nyari konter tiket kereta bandara KLIA Express dengan tujuan KL Sentral. Akhirnya nemu, dan harga tiketnya lumayan menguras kantong yaitu 55 RM.
Hallo Malaysia from KLIA Express
KLIA2 - KL Sentral 55RM

Perjalanan selama 33 menit aja, menghemat waktu sih soalnya kalo naik bus emang lebih hemat sedikit tapi bisa sampe 1,5 jam di jalan. Jangan lupa ambil peta MRT/LRT di pusat turis stasiun ya atau tanya ke petugas sana aja kalo minta rute MRT dimana.
Peta Rute MRT/LRT di Malaysia
Sampe di stasiun KL Sentral kita kelaperan dan nyari makan dulu, terpilihlah Burger King untuk mengisi perut kita harganya hampir sama ky di Indo sekitar 10 RM, habis makan rencananya kita mau titip koper di loker yang ada di KL Sentral tapi pas liat harganya mahal banget 50 RM sekali ngunci :( Akhirnya kita memutuskan untuk bawa koper aja sambil jalan-jalan wkwkwk. Sore itu kita ngelilingin Central Market (Pasar Seni) dan sekitarnya.
Perjalanan ke Central Market

Jangan lupa berhenti sebentar kalo capek
Semangat bawa koper wkwk

Sampai deh di Central Market (Pasar Seni)
Disini kayak pusat penjualan oleh-oleh nya gitu, banyak banget macam-macamnya mulai dari gantungan kunci, magnet kulkas, tas, coklat, oat, permen, Milo, macam-macam minuman pun ada (kopi, teh tarik beragam merk), dll.

Kondisi muka habis dari Central Market, udah prepare perjalanan ke SG
FYI kalo mau beli Milo Cube, coklat Beryls mendingan di sini aja (Central Market) karena lebih murah dibanding supermarket. Tapi untuk coklat seperti KitKat, Bueno, Kinder Joy, Milo Malaysia enakan di Supermarket (kemarin aku ke HERO di Berjaya Times Square dan harganya lebih murah). Kita batasin di sini sampe jam 8 malem, habis itu kita langsung menuju Stasiun Bandar Tasik Selatan yang sebelahan dengan Terminal Bersepadu Selatan (TBS)
Terminal Bersepadu Selatan (TBS) dekat konter tiket bus

Nah, di TBS ini lah tempat beli tiket bus ke SG. Waktu itu kita naik Starmart Express dengan harga 45 RM dengan tujuan Beach Road, bus ini double deck dan ada massage coach nya jadi bisa sambil dipijet deh di tempat duduk, emang sengaja ga beli langsung buat pp karna buat menghemat uang RM hahaha jadi beli tiket pulang ke Malaysia nya pas di SG besok.Waktu tempuh perjalanan selama 5,5 jam udah termasuk di imigrasi KL-SG, lumayan bisa tidur sekitar 4 jam di bus, kebetulan pas di imigrasi ga begitu antri soalnya masih subuh gaes. Kalau mau pake kereta total di jalan bisa 9 jam karna harus nunggu transit dulu 2 jam.

Tiket bus Starmart KL-SG
Bus Starmart Double Deck

Ini penampakan dalamnya

Let's go...

DAY 2 - Singapore
Jam 5.30 pagi kita sampai di Beach Road, ternyata Beach Road ini ky halte gitu bukan stasiun :( jadi pas sampai sana, beberapa menit kita bingung sampai akhirnya Bus Starmart ada lagi yang sampe dan kita nanya beli tiket buat ke Malaysia, ternyata loketnya ada di seberang dan jalan dikit. Nama tempatnya daerah Golden Mile Complex, loketnya buka jam 6 pagi dan kita langsung beli tiket ke KL yang jam 23.59 buat ntar malem dengan harga 20 SGD, lebih mahal 60 ribuan dibandingkan beli di KL. Di loket ini juga kita boleh titip koper, jadi lumayan banget buat menghemat biaya. Habis beli tiket aku dan Mbak Fiha siap-siap dan mandi di toilet umum deket tempat beli tiket dan ga enaknya toilet sana ga ada selang air buat cebok jadi kita estafet air gitu pake botol minum yang udah dibawa dari rumah :D kira-kira mandinya cuma beberapa botol doang plus dilap juga sama tissue powder  lanjut dandan dan semprot parfum. Cuss jalan-jalan...
I'm redeee...
Kita berangkat dari Nicoll Highway ke Esplanade karna kita mau jalan ke Merlion Park dilanjutkan ke Lau Pa Sat (Foodcourt) - Gardens By The Bay - Bugis Street - Mustafa Center (buka 24 jam). FYI nih guys kita dari Merlion Park sampe Mustafa Center jalan kaki, sampe gempor dan makin seksi nih betis hahaha. Jadi, sebelum liburan harus siapin fisik juga kan lumayan menghemat banget sih lagian kalo jalan juga aman kok di sana, banyak juga orang-orang yang jalan kaki.
Nasi Biryani 6 SGD
Es Teh Tarik 2 SGD

Nah, pas habis ke Merlion Park kan kelaperan nih ceritanya karna belum sarapan akhirnya kita ke Lau Pa Sat jalannya sekitar 1 km dari Merlion, di sini banyak banget varian makanan dan minuman. Waktu itu kita pesen nasi Biryani 1 porsi, karna porsinya gede banget kalo buat aku dan Mbak Fiha itu udah cukup banget, harganya 6 SGD trus kita beli minuman es teh tarik harganya 2 SGD kalo ga salah. Nah, untuk makanan di sini kamu bisa bebas pilih makanan halal ataupun non halal, dan di sini tu nyuci piringnya dibedain tempatnya antara makanan halal dan non halal jadi insyaAllah aman.
Habis makan, kita lanjut lagi jalan kaki ke Gardens by The Bay dan perjalanan lumayan jauuuuhhhhh ada kali hampir 3 km tapi kita masih kuat-kuat aja wkwkwk.
Habis melewati perjalanan panjang dan panas dari Lau Pa Sat-GbTB
Muka bahagia pas baru masuk Cloud Forest
Indaaaaah banget. Sejuk
Flower Dome
Taman di Puncak Cloud Forest Dome
Pas sampai di Gardens by The Bay, kita langsung nukerin tiket buat masuk ke Cloud Forest duluan. Sesampainya di dalem, kita langsung disambut dengan keindahan air terjun buatan di dalam dome kaca gitu. Hawa nya seger banget dan sejuk, baguss bangetttt. Wajib ke sana deh, harga tiketnya mulai dari Rp 230,000 di Traveloka udah include tiket masuk Flower Dome. Kalo mau include naik OCBC Sky Bridge HTM nya Rp 300an di Traveloka.
Gardens by The Bay

Minum dulu sampe puas di air pancuran patung singa
My Partner Traveling

Akhirnya foto berdua di The Iconic Place in this country

Buat yang mau beli oleh-oleh dengan harga yang cukup murah ada di Bugis Street nih,banyak banget macamnya mulai dari cinderamata perna-pernik Singapore, kaos, tas, baju, jam, dll. Kalo mau lebih lengkap lagi, semua barang ada bisa ke Mustafa Center. Jaraknya lumayan sih dari Bugis Street - Mustafa Center jalan sekitar 1,5 - 2 km ada kali ya wkwkwk dan pas jalan ke Mustafa aku sama Mbak Fiha udah ga ngerti lagi gaya jalannya kayak pinguin hahaha, udah mulai pegel banget nih kaki sampe ga kuat pake sepatu lagi. Akhirnya di Mustafa aku beli sendal jepit, biar lebih plong gaes kakinya :D

Rute dari Farrer Park St -Nicoll Highway St

Suasana dari JPO di deket Beach Road

Di Mustafa kita juga batesin sampe jam 8 malem, habis itu kita langsung balik ke stasiun Nicoll Highway via Farrer Park (rute nya ada di gambar atas ya). Sampe lagi deh di tempat beli tiket bus pagi tadi dan kita makan dulu buat ngisi perut di sekitar Golden Mile Complex, di sini lumayan susah nyari menu yang ga ada B2 nya :( sampe akhirnya nemu tomyam gitu dan masih tetep sepiring berdua plus 1 nasi. Waktu itu emang ga nafsu makan karna udah capek juga kan, jadi ngisi perut biar tetep ada tenaga aja plus tetep sehat, habis itu langsung deh bersih-bersih dan nunggu bus ke KL datang.

Day 3 - Malaysia
Sampai di TBS Malaysia pagi, sekitar jam 6 dan posisi saat itu hp dan power bank udah pada lowbatt.  Waktu itu kita istirahat di mushola perempuan dan masih rame banget karna habis subuhan. Di mushola kita naruh barang-barang dan gantian buat ngecas, sementara mbak Fiha ngecas aku tidur ngemper di mushola, lumayan bisa tidur dan leyeh-leyeh sekitar 1,5 - 2 jam.
Tidur dulu gaess HAHA
Terus, gantian dong ngecasnya tapi kali ini aku yang ngecas sambil mbak Fiha mandi+dandan. Di toilet TBS ini bersih banget dan masih enak buat mandi di toilet yang jongkok, tapi jangan pas jam-jam toilet dibersihin ya karna bakal ada mbak-mbak yang gedor-gedor nanti kalo kita kelamaan di dalem wkwkwk, ada keterangannya di toilet jam berapa aja dibersihin. Nah, di TBS ini kita nitip koper dan barang-barang lain di loker yang banyak disewakan di sini, harganya mulai dari 5 RM (kecil) dan 10 RM (besar) sekali ngunci maksimal penitipan 12 jam. Sistemnya ngunci lokernya pake pin gitu, ada penjaga nya juga sih yang bakal bantuin kalo bingung ngeset kuncinya.

Loker kecil (atas) 5RM, loker besar (bawah) 10RM

Macem-macem loker penitipan barang, ada banyak.
Sebelum jalan-jalan, kita beli tiket kereta bandara transit yang jam 21.42 dari Bandar Tasik Selatan - KLIA2 seharga 38 RM.

Lanjut jalan-jalan, rencana kita hari ini ke Berjaya Times Square - Sungei Wang - Pavilion - Twin Towers - KLCC. Buat yang mau ke Berjaya mendingan turun di Stasiun Imbi aja soalnya lebih deket tinggal turun doang, untuk rutenya dari stasiun kamu saat itu tanya aja dulu ke petugasnya ya sebelum beli tiket ke Imbi. Kalo kita kemarin nyasar soalnya berpedoman ke google maps wkwkwk, jadi enakan langsung nanya aja sih ke petugas di sana, ramah-ramah kok orangnya dan mau ngasitau. Dari Imbi bisa langsung ke Sungei Wang dan Berjaya. Di Berjaya ini banyak toko-toko baju, tas, Watsons, Sasa, foodcourt, supermarket Hero, dll. Kalo mau beli coklat lagi di sini aja, di Hero untuk harga Milo bubuk, Kitkat, kinder Joy, Bueno, dll lebih murah. Milo Cube aja yang mahal di sini bisa dua kali lipatnya dari harga di Central Market. Kalo di Sungei Wang kita cuma liat coklat, harganya lebih mahal dan liat baju-baju gitu sih soalnya Mbak Fiha kehabisan baju buat ganti ahahha.
The Iconic Place of Kuala Lumpur, Malaysia

Belanja di sini sampe sore dan akhirnya ga sempet lagi ke Pavilion, padahal deketan karna kita lebih milih buat sampai ke Twin Towers dulu. Akhirnya habis belanja dan makan di Berjaya, kita lanjut jalan kaki ke Twin Towers sekitar 1 km sambil bawa belanjaan di tangan kiri dan kanan hahaha kocaqq. Ga peduli capek dan udah pegel banget nih kaki, kalo capek istirahat bentar trus jalan lagi, ky begitu terus wkwkwk sampe akhirnya ketemu sama Twin Towers. Foto-foto di sini sekitar 1 jam trus cuss ke stasiun Bandar Tasik Selatan (BTS) via stasiun  KLCC , karna waktu yang terbatas kita juga ga sempet ngelilingin KLCC soalnya buat ngejar packing dulu dan jalan ke bandara KLIA2.
Kereta Bandara Transit Bandar Tasik Selatan - KLIA2 38RM
Selesai packing, kita langsung ke stasiun BTS dan perjalanan ke airport. Kita flight yang jam 23.50 jadi sampe ke Jkt itu jam 1 an subuh dan aku bakal lanjut flight lagi ke Bengkulu jam 08.00 pagi. Alhamdulillah sampai lagi di Jakarta tanggal 17 Agustus 2018 dengan melewati perjalanan dan pengalaman yang luar biasa. Sekitar jam 2 an baru kita kelar nunggu bagasi dan aku tetep di bandara nunggu jam 8 pagi, Mbak Fiha pulang ke rumah dan ngelanjutin untuk pulang kampung ke Temanggung naik bus jam 5 pagi. Wowww, ga kebayang sih emang sampe sekarang gimana kondisi badan kita kemarin alhamdulillah kuat walopun harus tidur di bandara nungguin pesawat ke Bkl.

Ini summary perjalanan ku kemarin:
  1. Tiket pesawat PP CGK - KUL Rp 790,000
  2. Tiket KLIA Express - KL Sentral 55 RM = Rp 197,725
  3. Tiket Bus Starmart Express KL - SG 45 RM = Rp 161,775
  4. Tiket Bus Starmart Express SG - KL 20 SGD = Rp 212,200
  5. Tiket KLIA2 Transit dari Stasiun Bandar Tasik Selatan 38 RM = Rp 136,610
Total dana yang dibutuhkan buat cuma sekedar sampai ke KL - SG sebesar Rp 1,498,310. Dengan dana segini kamu udah bisa sampai ke Malaysia dan Singapore loh ;)

Kalo buat dana dan kebutuhan yang lain:
  1. Tiket Gardens by The Bay Rp 210,000 (ada diskon Rp 20,000 kemarin pas beli di Traveloka)
  2. Paket data roaming Telkomsel Rp 101,000 (ada diskon juga Rp 14,000 kemarin di Traveloka hahaha)
  3. Makan Rp 200,000an 3 hari (karna kita selama di SG makan dua kali seporsi berdua, jadi lumayan hemat Rp 60,000an)
  4. Tiket MRT/LRT sekitar 1,5 - 2 RM dan 1 - 2 SGD, kalo dirupiahin kurang lebih Rp 100,000
  5. Belanja..... alokasiin sendiri yhaaa :p

**pengalaman ini aku share buat temen-temen yang lagi mau liburan hemat budget ke Malaysia dan Singapore bisa tau range-range harganya di sana dan kira-kira harus siap budget berapa.

Tips:

• Pas kamu baru sampe di stasiun baik di KL maupun di SG, jangan lupa ambil peta MRT/LRT nya ya karna itu berguna banget buat para backpacker/yg lagi liburan di sana yg mengandalkan MRT/LRT biar lebih tau jalur-jalurnya dan stasiun mana aja yang harus dituju.
  • Carilah tiket di masa promo, terutama kalo Airasia pas dapetnya lagi promo bisa cuma 200ribuan doang udah dapet tiket PP Jkt-KL atau Jkt-SG (harga segitu pembayarannya ditambah dengan poin Airasia Big). Aku kemarin dapet segitu pas awal promo Kursi Gratis prioritas member Big, tapi gajadi diambil karena mikirnya kemarin baru dari sana. Kebetulan sekarang juga masih ada tu promonya, SIKAAAT... Jadi intinya, semakin murah harga tiket semakin murah budget liburan kamu ;) FYI, kemarin aku pesen tiket hampir H-3 bulan dan untuk perginya kalian ga usah beli bagasi. Bawa seadanya aja, bawa koper boleh yang ukuran max 20 Inchi (sesuai dengan ketentuan Airasia untuk dimensi nya) tapi jangan melebihi 7 kg ya beratnya biar bisa masuk kabin. Pas pulang baru deh beli bagasi di website nya sebelum keberangkatan, biar lebih murah. Mau dibagi 2 sama temen juga boleh, kayak aku kemarin wkwkwk.
  • Jangan lupa bawa bantal leher tiup, sangat membantu ketika perjalanan PP KL-SG.
  • Kalo beli makan di Lau Pa Sat liat dulu porsinya pas pesen 1 porsi, kalo dirasa banyak dan cukup sharing gitu mending sharing aja daripada mubazir :p
  • Kalo habis belanja disaranin beli bagasi, dan untuk barang-barang yang cair/gel gitu dimasukin ke dalam bagasi aja ya karna kalo di bagasi ga ada batasan volume/berat benda cair/gel gitu selama kita bayar bagasi.
  • Jangan lupa siapin budget, fisik, doa, dan niat yang kuat ~