Perdana: Management Trainee Alfamidi (Alfa Group)

Haloooooo.....
Mau berbagi cerita nih tentang perjalanan job seeker ku dulu hihi...
Awal tahun 2017 kemarin, aku masih disibukkan dengan persiapan ujian skripsi. Awal Maret ujian dan akhir Maret yudisium. Pas udah dapet Surat Keterangan Lulus (SKL), baru deh aku memulai pencarian karir masa depan 
Awal April aku datang ke job fair di UNS Solo, bareng temen naik kereta dari Jogja. Ini pertama kalinya ikut job fair hahaha. Suka duka pagi-pagi udah naik kereta dan antri buat masuk gedungnya. Wow, luar biasa deh.. Trus pas udah masuk, aku tertarik buat daftar di salah satu perusahaan retail terbesar di Indonesia ini.
Ya, PT. Midi Utama Indonesia Tbk.
Setelah daftar, sorenya langsung disms kalo aku lolos administrasi dan disuruh ikut psikotes keesokan harinya di kantor Alfamart Klaten. Tesnya masih di Alfa region DIY Jateng, soalnya mereka memang 1 grup. Besoknya mulai deh tu aku jalan dari kos jam setengah 7 pagi dari Jogja ke Klaten bermodalkan maps hp+headset. Hahaha. Perdana soalnya keluar dari Jogja motoran sendiri. Apa aja sih tahapan tes nya? Nih ku kan bagi2 hihi...
1. Administrasi
Tesnya biasa kok, sortir dokumen yang sesuai sama kualifikasi mereka kayak IPK, pengalaman dll.
2. Psikotest
Tes ini ada 8 tahap seingetku plus ditambah tes bahasa Inggris juga. Tapi tes Inggrisnya setelah pengumuman kamu lolos ke tahap wawancara HRD. Cepat dan tepat, itu sih kuncinya di tes ini. Soalnya dikasih waktu dan kalo kita ga selesai mau balik lagi ke pertanyaan sebelumnya ga keburu.
3. Wawancara HRD
Setelah kamu dinyatakan lolos psikotes, kamu bakalan masuk ke tahap wawancara sama HRD dari PT. MUI ini. Sambil ngerjain soal Bahasa Inggris yg tadi, nanti bakal gantian dipanggil wawancara. Deg2an tauu pas diwawancarain, perdana banget soalnya hahaha. Untungnya mas nya baik dan enak ngewawancarainnya, ga tegang. Trus pas aku tanya pengumumannya kapan, katanya 2 minggu lagi. Okedeh, ku bakal sabar nungguin.. Lanjut yaa
4. Presentasi
Seharusnya FGD dulu sebelum presentasi, tapi karna Bapak Manajer nya sekalian ke Jogja waktu itu jadi kita presentasi dulu deh. Aku kira bakal nunggu lama, eh taunya 3 hari kemudian dikabarin kalo aku lolos dan disuruh bikin bahan presentasi untuk dipresentasikan di depan orang Alfamidi nya, manajer sm satu lagi dari bagian apa gitu. Tema nya udah disediain sekitar 11 tema, kita tinggal pilih dan bikin aja dengan didukung data. Daan, waktu bikinnya cuma 1 hari aja shayy soalnya dikasitau H-2 sebelum presentasi. Bahannya harus udah dikumpul sehari sebelumnya. Pusing ga tu hahaha, akhirnya aku buka buku masa lalu deh (re: buku kuliah). Alhamdulillah, jadi juga tu powerpoint besoknya trus langsung kirim...
5. Focus Discussion Group
Jarak dari presentasi ke FGD juga cuma 3 hari aja, soalnya pengumumannya cepet bangett. FGD nya udah di Kantor Alfamidi Jogja yang deket RS Harjolukito. Biasanya FGD itu minimal 6 orang lah ya, taunya ini kita cuma bertiga doang dan dua orangnya cowok aku sendiri yang cewek. Jadi ya kayak ngobrol biasa gitu wkwkwk, orangnya baik-baik lagi. Asik aja sama mereka. FGD nya dibagi 5 tahap, ada yg diskusi, memecahkan masalah, wawancara juga. Hampir seharian ini tesnya, dan akhirnya kelar juga huuu...
6. Wawancara General Manager (User)
Nunggu 3 hari dari FGD, akhirnya dapet sms nih dari Alfamidi kalo aku lolos dan diundang untuk wawancara user yang jam 11 siang. Wow, seneng banget tau rasanya dikasih kesempatan. Pas hari H, aku dapetnya di urutan terakhir jadinya jam 12an gitu. Uncchhhh, awalnya tegang banget pas masuk ruangan. Pertama kalinya wawancara user gini, sedangkan temen2 yang lain udah pada pernah. Waktu itu mana aku sendiri yg angkatan 2013, kan tambah minder ya pengalamannya masih kurang. Tapi alhamdulillah, Bapak User super enak dan memotivasi aku banget. Beliau ga cuma ngeliat seseorang dari kesan pertama, tapi ngeliat dari mau belajar/engganya orang itu. Soalnya kan aku emang pendiem aslinya, dan pas ditanya ya aku ga banyak balik nanya gitu. Soalnya udah pasrah hahaha. Akhirnya 30 menit berakhir juga. Nunggu lagi deh pengumumannya..
7. Medical Check-Up
Masih deg2an nih nunggu pengumuman, dan akhirnya aku dapet telpon dari Alfamidi kalo aku lolos ke tahap MCU, alhamdulillah seneng banget. Di tes pertama kali ini aku bisa sampai ke tahap ini. Kita waktu itu total yg lolos ber-8, 7 cowok dan 1 cewek (aku) tapi cowoknya 1 gaikut soalnya udah keterima di MT Mayora ihiuwww. Sebelum dikasihtau waktu tes, kita diauruh kumpul dulu buat konfirm ke tes kesehatan dan briefing. Trus baru deh dikasitau, dan ternyata tes nya besok pagi. Jlebb, langsung deh gimana ceritanya jaga pola makan dan kesehatan kalo cuma semalam aja wkwk. Aku pasrah aja, insyaAllah sehat. Akhirnya besoknya tes deh, dari pagi trus istirahat dan sampe deh di tes terakhir (cek dokter) sampe jam 7 malem. Selesai deh tahapannya tinggal nunggu...
3 hari kemudian pengumuman... Deg2an banget, 1 per satu temen2ku udah ngabarin di grup kalo mereka ditelpon dan lolos. Sampe di aku, akhirnya ditelpon juga tapi kabarnya kurang baik. Aku ga lolos sampe Jakarta :(( sedih banget waktu itu, udah ngelewatin 7 tahap dan gugur di akhir. Gatau lagi gimana perasaannya, orang tua sih yg lebih menguatkan dan meyakinkan kalo ada rejeki lain yg Allah udah siapkan buat aku... Ga putus asa sampe situ, aku terus ikut proses seleksi di perusahaan2 lain karna ada 1 mimpi yang ingin segera ku wujudkan.
Aku sedih banget waktu itu karna aku udah tau hasil kesehatannya semua baik, soalnya dokter sendiri yg bilang. Semuanya normal, tapi pas ditanya dokter tentang riwayat penyakit aku jawab pernah asma dulu pas umur 2 tahun. Padahal aku baru kena gejala asma doang, dan udah sembuh karna minum obat rutin 6 bulan pas umur segitu. Alhamdulillah sampe sekarang, aku ga pernah ngerasain asma. Karna itu sih yg bikin nyesek banget huhu... Tapi aku coba ikhlas lapang dada, percaya aja rencana Allah jauh lebih indah..
Eh ternyata benar, sebulan kemudian akhirnya aku dinyatakan lolos di perusahaan lain. Dan alhamdulillah nya, pekerjaan ini mungkin lebih cocok dengan fisik dan passionku, jam kerjanya udah pasti dan teratur. Karna di retail jujur agak berat mungkin bagi ku, soalnya sistemnya shift apalagi kalo pas lagi ojt di toko..
Aku bersyukur udah diberi kesempatan kenal dengan teman2 di Alfamidi.. Mereka juga masih OJT tu, sama kayak akyu
Pesen aja nih buat temen2 jobseeker, sering2 datengin jobfair. Manfaatin kesempatan naruh CV sebanyak2nya disana, pilih juga perusahaan yang benefitnya bagus buat kamu dan bisa kamu masuki.....
"percaya deh, Allah itu Maha Tahu apa yang dibutuhkan umatnya. Berprasangka baiklah terhadap-Nya dan terus berusaha serta berdoa. Jangan putus asa, semangat! InsyaAllah jalan lain akan terbuka untukmu"

Komentar

  1. Makasih kak sharinhnya.. sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  2. Haloo mbaa izin bertanyaa, pengalaman jd MT operationnya gimana ya mba? Dan saat materi yg untuk presentasi itu seputar apa yaa? Terimakasih

    BalasHapus

Posting Komentar