About BENGKULU




sebelumnya, selamat malam maya's blog dan para blogger :)
senang rasanya masih bisa mengisi blog ini dengan sedikit ide dan inspirasiku..
kali ini aku terinspirasi dari keindahan pesona pariwisata yg ditawarkan oleh Provinsi Bengkulu.
enggak perlu panjang-panjang dulu membukanya, yg penting tulisan ini berkesan dan bisa bermanfaat bagi kita semua..
di sini aku jg ingin sekali memperkenalkan keragaman budaya, pariwisata dll di Provinsiku terceinta ini..
yuk, check it out :)

baiklah, pertama aku akan sedikit mengupas tentang pesona keindahan Pantai Panjang Bengkulu. Pantai Panjang ini membentang sejauh 7 KM, dihiasi dengan hamparan pasir putih yg eksotis serta pohon cemara laut di sepanjang pantai yang menambah keeksotisan pantai andalan Bengkulu ini. di sini juga ditawarkan berbagai fasilitas seperti jogging track, hotel, restoran, cafe dan mall. Pantai Panjang juga dikenal dengan sebutan Pantai Gading Cempaka yang terletak kurang lebih 4 KM dari pusat kota Bengkulu. berbagai kegiatan dan aktivitas pantai bisa kita nikmati di pantai ini, seperti rekreasi week end, kegiatan outbond dan voly pantai. yang pasti seru deh!! Pantai Panjang Bengkulu enggak kalah loh sama pantai Kuta di Bali, karena saya pun sudah membandingkan sendiri antara pantai Kuta dan Pantai Panjang.. hanya saja mungkin pantai di Bengkulu fasilitasnya belum sesempurna di Kuta, kalo ngebandingin masalah keindahan Pantai Panjang gak kalah kok sm Kuta :) dengan keunikan tersendiri, Pantai Panjang berhak menjadi ikon pariwisata Bengkulu. 
PANTAI PANJANG
SUNSET at PANTAI PANJANG BENGKULU
PANTAI PANJANG is BEAUTIFUL

yuk lanjut ke yang kedua yaitu tempat yang kental nilai sejarahnya di Bengkulu ini yaitu Benteng Fort Marlborough. Benteng ini merupakan primadona sejarah di Provinsi Bengkulu, benteng ini dibangun secara bertahap selam 5 tahun dan dimulai pada tahun 1714. pembangunan benteng ini dimaksudkan untuk pertahanan Inggris di kawasan pantai barat Sumatera Bagian Selatan. di benteng ini juga Presiden Republik Indonesia pernah ditahan di salah satu ruangannya. bangunan benteng dikelilingi tembok yang tebalnya 2 meter. selain itu terdapat juga meriam di sudut-sudut benteng yang siap menghalau musuh. bangunan ini juga dihubungkan oleh 3 jembatan yang suatu saat bisa dinaik turunkan layaknya jembatan Eropa pada abad pertengahan. jembatan ini memiliki keunikan tersendiri yaitu bentuknya yang menyerupai kura-kura. tahun 1978 bengunan ini mulai dipugar tanpa mengurangi suasana kental ornamen Eropa yang terdapat pada benteng ini. bangunan kokoh ini menjadi saksi keangkuhan Bangsa Kolonial yang bercokol di Bumi Rafflesia (Bengkulu)

BENTUKNYA SEPERTI KURA2
FORT MARLBOROUGH_BENGKULU
di depan Benteng Fort Marlborough kita dimanjakan dengan suasana Pantai Tapak Paderi yang tak henti memanjakan mata kita... di sini kita bisa melihat kapal-kapal nelayan yang sedang mencari ikan ataupun yang sedang merapat di pinggir pantai.. kita bisa dimanjakan dengan hidangan seafood di sepanjang pantai , ada juga jagung bakar, pisang bakar dan es kelapa yg nikmat.. serta pemandangan yang tak kalah memukau :) 

setelah melihat keindahan pantai Tapak Paderi kita akan kembali dimanjakan dengan view Pantai Jakat yang nan indah, tak kalah memukau dengan pantai panjang.. di sini kita bisa menikmati olahraga air seperti berselancar (surfing), banana boat, jet ski, mandi di pantainya dan tentu saja dimanjakan dengan bergaia hidangan khas laut, jagung bakar, pisang bakar, es kelapa dan aneka penjual lainnya yang setia melayani Anda :)

PESONA PANTAI JAKAT_BENGKULU


BANANA BOAT_PANTAI JAKAT

selanjutnya, ada kebudayaan Bengkulu yang tak kalah bagus dengan pariwisatanya..

kebuadayaan di Bengkulu beragam, aku di sini hanya mengambil sedikit saja yaitu tabot dan alat musik dol :)

yang pertama tabot,, Tabot merupakan kebudayaan Bengkulu asli untuk mengenang perjuangan cucu Nabi Muhammad SAW yaitu Hasan dan Husein yang gugur dalam peperangan di Karbela. oleh karena itu, masyarakat Bengkulu secara turun temurun melaksanakan tradisi ini yang sudah berakar dari nenak moyang dahulu.. ada kepercayaan menurut keluarga KKT (Keluarga Kerukunan Tabot) "jika Tabot tidak dilaksaakan maka akan menimbulkan bencana di Bumi Rafflesia ini" aku jg pernah ngedenger sempat pernah tradisi tabot ini tidak dilaksanakan dan akhirnya Bengkulu ditimpa musibah. maknya budaya Tabot ini terus tumbuh dan berkembang di masyarakat Bengkulu yang sudah mulai mendunia :) Tabot dilaksanakan pada 1-10 Muharram .. yang diawali dengan pengambilan tanah oleh KKT. pemerintah Bengkulu saat ini sedang berupaya untuk menghilangkan kesan "syirik" dari perayaan kebuadayaan Bengkulu ini. agar masyarakat bisa tetap meikmatiya tanpa harus terbebankan oleh kata "syirik" :) buat tema-teman yang mau liat acara ini datang nyookk ke Bengkulu tanggal 1-10 Muharram, TABOT hadir setiap tahun loh :) 


MUSIK DOL

 berikut merupakan sekilas pandang tentang keindahan yang dimiliki Provinsi Bengkulu, bagi Anda yang tertarik silahkan datang langsung ke Bengkulu dan mata Anda pun akan dimanjakan dengan panorama Bengkulu yang indah :)
Let's visiting Bengkulu friends :) Bengkulu is beautiful.. see you :)



BUNGA RAFFLESIA_IKON BENGKULU


RUMAH PENGASINGAN PRESIDEN PERTAMA INDONESIA_ANGGUT

TABOT BENGKULU

DANAU MAS HARUN BASTARI_Kabupaten REJANG LEBONG

AIR TERJUN CURUG EMBUN_DESA TAPAK GEDUNG KEPAHIANG

AIR TERJUN GELUGURAN_PINO ULU MANNA

PANTAI MUARA KEDURANG_BENGKULU SELATAN

OBJEK WISATA TIRTA MUARA LANGKAP_KEPAHIANG

OBJEK WISATA BUKIT KABA_CURUP Kab. REJANG LEBONG

OBJEK WISATA PULAU ENGGANO_BENGKULU UTARA

PANTAI WAI HAWANG_KAUR

SUBAN AIR PANAS_CURUP Kab. REJANG LEBONG
mungkin sampe sini dulu ya tentang keindahan Bengkulunya, tetapi masih banyak sekali objek wisata di Provinsi Bengkulu yang harus anda kunjungi seperti Pantai Linau, Pantai Wai Hawang dua pantai ini sangat indah dengan butiran pasir putih bersinar di sepanjang pantai dan air yang jernih memanjakan mata Anda :) 

sekian yaa :) semoga berkesan..


mayacarolita.blogspot.com

Komentar